HARI KEPERAWATAN INTERNASIONAL / INTERNATIONAL NURSES DAY

Assalamu’alaikum.. rekan sejawat yang terhormat, mahasiswa Akper Pemerintah Kabupaten Subang yang selalu menjadi kebanggaan..
Hari Jadi Perawat, baik yang diperingati secara nasional ataupun internasional, mungkin belum banyak diketahui. Artikel ini sedikit mengungkap “hari jadi” perawat baik secara nasional (PPNI / Persatuan Perawat Nasional Indonesia) serta internasional (ICN / International Council of Nurses).
Keberadaan Wadah organisasi profesi keperawatan Indonesia yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) diawali adanya suatu proses dan perjuangan melalui pendidikan keperawatan. Perkembangan keperawatan sejak kemerdekaan sampai dengan awal tahun 1960-an.

PPNI didirikan pada tanggal 17 Maret 1974 yang kepengurusannya terdiri dari : 1 Pengurus Pusat PPNI berkedudukan di Ibu Kota Negara, 32 Pengurus PPNI Propinsi, 362 Pengurus PPNI Kabupaten/Kota dan lebih dari 2500 Pengurus Komisariat (tempat kerja) yang menghimpun ratusan ribu perawat Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun di Luar Negeri, saat ini sudah dibentuk INNA-K (Indonesian National Nurses Association in Kuwait). PPNI, sejak Juni 2003 telah menjadi anggota ICN (International Council of Nurses) yang ke 125 dengan visi sebagai corong suara yang kuat bagi komunitas keperawatan dan berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan/asuhan keperawatan yang kompeten, aman dan bermutu bagi masyarakat luas.

Dalam usianya ke 36 PPNI saat ini telah berkembang menjadi Organisasi Profesi yang diperhitungkan oleh berbagai stakeholder, bersama jaringan Internalnya Pengurus 32 Propinsi, 402 kab/kota dan lebih dari 2500 komisariat/pengurusan di tempat kerja dan cabang Istimewa yang ada diluar negeri, juga jaringan eksternal Asosiasi- Perawat Internasional International Council of Nurses (ICN), Asosiasi perawat di berbagai negara, badan-badan dunia yang terkait, lembaga donor dan LSM-LSM dalam dan luar negeri. Dan tidak kalah Penting PPNI menjadikan Stake holder Utama adalah Pemerintah dan DPR untuk bersama-sama membangun Keperawatan Indonesia yang berkualitas, bermartabat dan dihargai di dalam maupun diluar negeri. Tema yang diusung pada peringatan HUT 36 PPNI adalah “Kontribusi Perawat dalam pembangunan kesehatan bangsa melalui penataan Profesi Perawat dengan Undang-Undang Keperawatan”. Sebagaimana telah banyak disosialisasikan terkait tujuan dari Undang Undang Keperawatan yaitu perlindungan dan kepastian hukum pada masyarakat dan perawat, serta peningkatan kualitas pelayanan perawat.

Sedangkan, organisasi perawat internasional yang disebut International Council of Nurses [ICN] atau Konsil Keperawatan Internasional [KKI] adalah sebuah federasi yang beranggotakan asosiasi-asosiasi perawat nasional [NNAs] dari 133 negara di dunia dan merupakan representasi dari jutaan perawat di seluruh dunia. ICN bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi yang menjadi anggotanya terkait berbagai issue penting pada profesi keperawatan.
ICN tidak memiliki keanggotaan secara perseorangan. Para perawat yang telah terdaftar dalam asosiasi perawat nasional dari suatu negara secara otomatis terdaftar juga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ICN. Misi ICN adalah sebagai representasi dari profesi perawat dalam tatanan internasional dan terlibat secara aktif dalam mempengaruhi kebijakan kesehatan di seluruh dunia. ICN bekerja dalam tiga [3] area program utama, yang dikenal sebagai Pilar ICN, yaitu: Praktik Keperawatan Profesional, Regulasi, dan Kesejahteraan Sosial Ekonomi. Ketiga Pilar ICN tersebut berfokus pada tujuan untuk memperbaiki kesenjangan yang masih terjadi dalam area keperawatan dan kesehatan. Kode Etik ICN merupakan dasar pijakan bagi Kode Etik asosiasi perawat nasional dari seluruh dunia.

ICN bekerja dalam banyak area, terutama dalam memberikan panduan dalam Praktik Keperawatan Profesional, Perumusan Regulasi, dan peningkatan Kesejahteraan Sosial Ekonomi pada berbagai negara di dunia, terutama yang berkaitan dengan Standar Keperawatan dan Kebijakan dalam Keperawatan dan Kesehatan di manca negara. ICN menyediakan publikasi dalam skala yang luas terkait issue-issue terkini dan kebijakan-kebijakan yang diambil organisasi bagi anggotanya secara gratis.

Setiap tahun ICN mempublikasikan dan mendiseminasikan seperangkat media untuk dipergunakan dalam peringatan Hari Perawat Sedunia [The International Nurses’ Day Kit] yang dilaksanakan secara serentak diberbagai belahan dunia setiap tanggal 12 Mei.

Sejarah hari keperawatan dunia tak lepas dari peran Florence Nightingale. Florence Nightingale (Firenze, Italia, 12 Mei 1820 – 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern. Ia dikenali dengan nama The Lady With The Lamp dalam bahasa Inggris yang berarti “Sang Wanita dengan Lampu”. Nama depannya, Florence merujuk kepada kota kelahirannya, Firenze dalam bahasa Italia atau Florence dalam bahasa Inggris.

Florence dilahirkan dalam keluarga berada dan tumbuh sebagai wanita yang menawan dan periang yang mempunyai masa depan yang cerah. Bagaimanapun penderitaan yang dilihatnya semasa peperangan di semenanjung Krim, Rusia, menyebabkan hati Florence Nightingale tersentuh melihat penderitaan tentara yang luka dan dibiarkan saja dalam rumah sakit yang kotor.

Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Florence Nightingale memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti kepada keperluan pasien.

Setiap tahun, pada peringatan Hari Keperawatan Sedunia (International Nurses Day / IND) mengusung tema tertentu yang berbeda setiap tahunnya.

Adapun tema yang diusung ICN untuk memperingati International Nurses Day / IND setiap tahunnya, dipaparkan sebagai berikut :

  • 1988 – Safe Motherhood
  • 1989 – School Health
  • 1990 – Nurses and Environment
  • 1991 – Mental Health – Nurses in Action
  • 1992 – Healthy Aging
  • 1993 – Quality, costs and Nursing
  • 1994 – Healthy Families for Healthy Nation
  • 1995 – Women’s Health: Nurses Pave the Way
  • 1996 – Better Health through Nursing Research
  • 1997 – Healthy Young People = A Brighter Future
  • 1998 – Partnership for Community Health
  • 1999 – Celebrating Nursing’s Past, claiming the future
  • 2000 – Nurses – Always there for you
  • 2001 – Nurses, Always There for You: United Against Violence
  • 2002 – Nurses Always There for You: Caring for Families
  • 2003 – Nurses: Fighting AIDS stigma, working for all
  • 2004 – Nurses: Working with the Poor; Against Poverty
  • 2005 – Nurses for Patients Safety: Targeting counterfeit medicines and substandard medication
  • 2006 – Safe staffing saves lives
  • 2007 – Positive practice environments: Quality workplaces = quality patient care
  • 2008 – Delivering Quality, Serving Communities: Nurses Leading Primary Health Care
  • 2009 – Delivering Quality, Serving Communities: Nurses Leading Care Innovations

Tema IND 2010 adalah Delivering Quality, Serving Communities: Nurses Leading Chronic Care.

And then, what will we do to celebrate this day ??

by : k@rtik@

Komentar
  1. Joko berkata:

    Good article…!! thanks v much.

Tinggalkan komentar